Jumat, 30 Mei 2014

Bagaimana cara membuat lagu sendiri ?


Oke kali ini saya mau berbagi tips nih tentang cara membuat lagu ciptaan sendiri. Kamu udah pernah bikin lagu ciptaan sendiri belum ? Mungkin bagi sebagian anak band pasti udah pernah dan bisa juga terbilang cukup gampang bagi mereka yang terbiasa membuat lagu sendiri.

Sebelum kamu membuat MUSIK, kamu tau gak sih apa musik itu......?????? Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.



Nah, kamu sekarang sudah tau kan arti musik? oke deh kalau kalian sudah pada tau, sekarang kita langsung aja yuk !

1. Pertama-tama, tentukan tema apa yang ingin dibuat dalam lagu kamu, misalnya cinta yang ditinggal mati sama pasangannya .. T_T Seeerreeeemmmmmm :D

2. Selanjutnya rangkaikan kata demi kata, coba aja tulis dikertas.  Gak usah terlalu baku kok pokoknya tulis aja apa yang ada dipikiran kamu keluarkan semuanya, nanti tinggal diedit pas lagi maen gitar dipasin.

3. Jika kata-kata yang dikumpulkan terasa sudah cukup coba cari kunci nada yang sesuai dan yang kamu inginkan, harus nyambung ya.

4. Setelah kunci nada sudah ditemukan coba cocokkan dengan kata yang udah kamu ditulis tadi, bisa ditambah atau bisa juga dibuang kata - katanya, usahakan seenak mungkin saat melantunkan kata tersebut berirama dengan nadanya.

5. Lalu tentukan bagian-bagian dari lagu yang kamu bikin, tentukan kunci intro, kunci pas nyanyi, kunci reff, bridge kalo ada, dan coda. Aturlah dengan keinginan kamu, pokoknya seenak mungkin menurut kamulah. :D

6.  Nah pada tahap akhir akan didapatkan susunan nada dan kata-kata yang berirama, tapi itu jika kalian berhasil. Bikin satu lagu satu jam itu udah luar bisa banget.

7. Setelah lagu dirasa sudah cukup selesai, nada dan kata-katanya harus diingat jangan sampai lupa. Setelah itu cobalah untuk sharing dengan teman kamu, untuk didengarkan, dan apa tanggapan dia tentang lagu yang udah kamu buat.


Cukup sekian yang bisa saya berikan kepada teman – teman, semoga bermanfaat ;)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators