Jumat, 30 Mei 2014

Musik Daerah VS Musik Barat [Argumen 1]



Musik Daerah VS Musik Barat [Argumen 1]





      Haloo sobat-sobat semua, apakah kalian senang mendengarkan musik ? Kira-kira musik apa yang kalian sukai ? Ya tentu jawabannya bakalan beda-beda karena musik disukai oleh beberapa orang tergantung alirannya. Misalnya ada yang suka aliran musik Jazz dan Pop tapi enggak suka sama  aliran musik R&B. Pokoknya selera musik tiap orang pasti bakalan beda-beda.

Kalo kita perhatikan nih sob,  hampir 98% penduduk Indonesia senang mendengarkan musik. Entah itu musik barat, musik indonesia, musik korea, musik daerah, musik jepang, dan beberapa musik lainnya.  Tapi di era globalisasi  ini, sepertinya pendengar setia musik daerah sudah semakin memudar dan terkikis oleh jalannya waktu. Bahkan penduduk asli di suatu daerah belum tentu mengetahui musik daerahnya sendiri. Malah sebaliknya kalau ditanya soal musik barat, dia bisa tahu bahkan dapat menyanyikannya dengan lancar.


Jadi mengapa hal itu bisa terjadi ? Kenapa musik daerah kalah populernya dari musik barat ? Kalau menurutku, mungkin itu adalah salah satu dampak dari kemajuan teknologi. Salah satu yang paling berpengaruh besar adalah  internet dan penyiaran saluran di televisi maupun radio yang hampir setiap harinya menampilkan musik-musik barat ketimbang musik daerah. Dan hal itu tentu saja membuat sobat selaku pendengar semakin tak asing lagi mendengar alunan musik barat. Buktinya tanpa sobat hafalkan lagu barat tersebut, tetapi jika sobat berulang kali  mendengarkannya nanti lama-kelamaan sobat bakalan hafal dengan liriknya.  Tapi jika hal itu terus terjadi, kapan sobat bisa mengenal musik daerah sobat sendiri ? Bukan kah musik daerah itu merupakan ciri khas yang melambangkan kebudayaan daerah sobat sendiri. Jika sobat tak kenal dengan musik daerah sendiri, lalu apa yang bisa sobat banggakan jika suatu saat sobat disuruh menyanyikan salah satu musik dari daerah sobat sendiri. Boleh sih, sobat mengikuti arus perkembangan teknologi yang semakin hari semakin dahsyatnya, apalagi soal musik yang kian hari kian banyak jenis dan macam alirannya. Tapi sobat harus ingat,  jangan sampai melupakan musik daerah sobat yang tentu saja di dalamnya itu mengandung unsur nilai-nilai kehidupan yang unik dan khas. Dan yang terpenting jangan sampai sobat mempunyai rasa minder ataupun gengsi ketika sobat menyanyikan lagu daerah. Tapi berbanggalah karena itu merupakan bukti kalau sobat cinta dan bangga dengan kebudayaan daerah sobat sendiri.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators